S1 Akuntansi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

Kontak

Prodi Akuntansi UNISA beri Pendampingan Pelaporan Keuangan UMKM di Girikerto

Prodi Akuntansi UNISA Yogyakarta memberikan pendampingan bagi para pelaku  UMKM di Desa Girikerto yang merupakan bentuk program pengabdian masyarakat serta pemberdayaan masyarakat yang mayoritas dari kalangan perempuan.

Sebanyak 30 pelaku usaha mikro kecil turut hadir mengikuti program pendampingan yang diselenggarakan prodi Akuntansi UNISA Yogyakarta. Permasalahan umum pelaku UMKM di Desa Girikerto antara lain : 1) Masih tercampurnya keuanga pribadi pemilik dengan keuangan usaha, 2) Penentuan harga pokok produk yang masih dilakukan secara sederhana dan intuitif tanpa menghitung biaya yang telah dikeluarkan secara cermat 3) Kurangnya pengetahuan mengenai pencatatan keuangan dan pengelolaan keuangan dengan baik

Kegiatan pendampingan dilakukan selama kurang lebih 4 bulan mulai dari Desember 2021 sampai Februari 2022 kemarin. Narasumber pada pendampingan tersebut adalah dosen dari Prodi Akuntansi UNISA Yogyakarta yaitu Rigel Nurul Fathah SE., M.Ak., Akt CA dan Diska Arliena Hafni SE., M.SA., Akt., CA Program pendampingan ini selain sebagai bentuk pengabdian masyarakat juga sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di mana mahasiswa juga ikut andil dalam melakukan pendampingan pelaporan keuangan UMKM tersebut. Mahasiswa tersebut adalah Lambang Hermawan, Fitri, Sriyati, Kusnianti Sampulawa, dan Sriyati. Kegiatan ini deselanggarakan di Balai desa Girikerto, Kecamatan Turi Kabupaten Sleman.

Proses pendampingan melalui beberapa tahapan yaitu  tim melakukan persiapan berupa observasi lapangan dan analisis situasi serta penjaringan UMKM. Kemudian, para pelaku UMKM diberikan pembelajaran secara teori dan praktik difasilitasi dengan modul dan materi pembelajaran. Implementasi kegiatan tersebut berupa praktik penyusunan dan pembuatan laporan keuangan. Tim juga melakukan evaluasi program terhadap para pelaku UMKM. Hasil pendampingan pelaporan keuangan UMKM ini terlihat dari minat dan motivasi peserta bertambah dan konsisten dalam membuat pelaporn keuangan untuk usahanya. Dengan mengikuti pelatihan pendampingan ini pencapaian tujuan usaha meningkat dan dan peserta menyerap ilmu pengetahuan dan keterampilan dengan baik.

Kegiatan ini sebagai wujud bakti dosen dan mahasiswa sesuai dengan misi dan tujuan UNISA yaitu mengembangkan kajian dan pemberdayaan perempuan dalam kerangka Islam berkemajuan serta menghasikan model berbasis praksis pemberdayaan perempuan berlandaskan nilai-nilai Islam berkemajuan.  

Bagikan

WhatsApp
Facebook
Twitter
LinkedIn
akuntansi unisayogya

akuntansi unisayogya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *